Kamis, 30 Oktober 2008

Iklan Politik Obama Menelan Biaya US$ 3 Juta


Kamis, 30 Oktober 2008 | 12:23

WASHINGTON. Banyak cara yang dilakukan para kandidat calon Presiden Amerika Serikat (AS) untuk memenangkan pertarungan. Kandidat dari Partai Demokrat Barack Obama memilih untuk berkampanye lewat iklan.

Iklan politik tersebut berdurasi 30 menit dan disiarkan pada tiga televisi swasta utama AS seperti CBS, NBC dan Fox, televisi berbahasa Spanyol Univision dan cable channel MSNBC, BET dan TV One.

Ironisnya, wajah John McCain hanya terlihat pada satu televisi nasional, beberapa stasiun lokal, dan pada iklan yang hanya berdurasi selama 30 detik saja.

Iklan politik Obama itu diperkirakan menelan biaya lebih dari US$ 3 juta. Namun sepertinya hal itu tidak sia-sia, mengingat lingkup siarannya yang luas dan menyebar merata di AS.Dalam iklan itu, Obama mengangkat tema bagaimana Amerika saat ini tengah berjuang keras menghadapi guncangan perekonomian. Dia juga memperkenalkan strategi penyelamatan ekonominya sekaligus kebijakan tentang kesehatan, energi dan perang Irak.

“Pemilihan ini merupakan momen yang sangat penting,” jelas Obama dalam iklan informatif yang sering dinamakan infomercial itu.

Iklan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh kandidat AS sejak calon independen H Ross Perot melakukan hal yang sama pada kampanye presiden tahun 1992 silam. Hal ini juga sekaligus menegaskan tentang kondisi keuangan kubu Obama dalam pilpres AS.�

Sekadar informasi saja, McCain hanya mampu mengumpulkan dana publik sebesar US$ 84,1 juta dan penggunaannya pun terbatas. Sementara Obama, pada bulan September saja sudah mampu mengumpulkan dana sebesar US$ 150 juta.

Hal ini yang kemudian dijadikan senjata oleh McCain untuk menyerang kandidat presiden kulit hitam pertama di AS itu. Dalam sebuah interview di CNN, McCain mengkritik bahwa Obama seperti menelan kata-katanya sendiri tentang janji-janji yang ia ucapkan. Bahkan Obama menghambur-hamburkan dana hingga jutaan dolar hanya untuk berkampanye.

“Senator Obama tidak berkata jujur kepada warga AS. Saat ini ia mampu beriklan selama 30 menit dalam infomercial. Padahal sebelumnya, ia mengatakan kepada warga AS bahwa ia tidak mampu melakukan hal itu,” jelas McCain dalam program Larry King Live.

Dalam urusan kampanye, pengeluaran Obama memang jauh telak meninggalkan� McCain. Berdasarkan data dari Center for Responsive Politics, senator Illinois ini sudah mengeluarkan sekitar US$ 190 juta hanya untuk iklan saja hingga 15 Oktober. Sebagai perbandingan, pengeluaran McCain untuk kategori yang sama hanya US$ 76,7 juta saja.

Nah, dalam tiga hari ke depan, Obama akan melakukan road show ke beberapa negara bagian. Hari ini, ia dijadwalkan akan mengunjungi Florida, Virginia dan Missouri. Sedangkan besok dan hari Sabtu, ia akan terbang ke Indiana, Nevada dan Colorado.

Sementara McCain hari ini mengambil perjalanan dengan menggunakan bus ke Ohio dan berhenti di lima kota kecil di negara bagian itu. Meskipun demikian, penasihatnya bilang, mereka juga melakukan antisipasi untuk menghabiskan banyak waktu di Ohio, Florida dan Pennsylvania. “Kami sangat fleksibel dan kita akan lihat dulu seberapa besar kebutuhannya,” jelas campaign director Mike DuHaime.

Tidak ada komentar: