Kamis, 16 Oktober 2008

Caleg DPR Berebut Suara Jateng (1)


Terjunkan Politikus Kawakan, Artis, dan Mantan Menteri

KPU telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) caleg DPR RI dari Jateng. Beragam nama tertera dalam daftar itu mulai dari artis Jakarta, politikus senayan, anak dari tokoh parpol sampai seorang paranormal. Berikut laporannya.

PARTAI masih menggantungkan Jateng sebagai salah satu daerah di Jawa yang dinilai mampu mendongkrak perolehan suara pada Pemilu 2009 nanti. Dengan jumlah pemilih mencapai lebih kurang 25 juta orang, tentunya partai berlomba-lomba menaruh orang-orang yang dinilai top sebagai pengumpul suara (vote getter) di setiap daerah pemilihan (dapil).
Secara pemetaan dari pengumuman daftar calon sementara (DCS), mereka tersebar di 10 dapil. Di dapil Jateng 1 meliputi Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, terdapat sejumlah artis yang dipasang di nomor urut 1.

Partai Gerindra menempatkan Jamal Mirdad di urutan pertama. Partai Damai Sejahtera (PDS) memasang presenter sepak bola Ricky Johanes atau tenar dengan nama Ricky Jo di nomor 1.

Partai lainnya, juga menempatkan politikus gaek senayan. PKS memasang Zuber Syafawi di nomor urut 1, begitu pula PAN menempatkan Alvin Lie, Golkar ada Siswono Yudohusodo dan PDI-P tercantum Tjahjo Kumolo.

Di dapil Jateng 2 (Demak, Kudus dan Jepara), partai kebanyakan memasang politikus lokal. PPP memasang Hisyam Alie, ketua DPW PPP Jateng dan wakil ketua DPRD provinsi. PDI-P ada mantan Wakil Bupati Kudus Noor Haniah (2), mantan Bupati Demak Endang Setyaningdyah (4), dan artis kawakan Dedi Soetomo (5). Golkar ada Nusron Wahid (1), dari keluarga Gus Dur. PKB menempatkan nama Niam Salim (1), mantan tokoh organisasi Anshor Jateng.

Wulan Guritno

Jateng 3 (Grobogan, Pati, Rembang, Blora) terbilang sama. Artis berparas ayu Sri Wulandari atau Wulan Guritno diturunkan PAN pada nomor urut 1. Meski terbilang hijau untuk politik, ia harus bersaing keras dengan Ketua DPP Golkar Firman Subagyo, tokoh PPP M Arwan Thomafi, putera (alm) KH Thoefur MC, mantan ketua DPW PPP Jateng serta mantan anggota DPR RI.

Begitu pula di PDI-P memasang mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Soni Keraf (1), tokoh spiritual Pati Imam Suroso atau Mbah Roso (3). Permadi (4) dan mantan Bupati Grobogan Agus Supriyanto (6). Di Jateng 4 (Sragen, Wonogiri dan Karanganyar) tokoh-tokoh Jakarta kurang mendominasi. PDI-P hanya memasang Ketua DPP Mangara Siahaan (1) dan Golkar ada dalang Ki Warseno Slank.

Jateng 5 (Solo, Klaten, Sukoharjo, Boyolali). Mantan Presiden PKS yang Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid bertengger di nomor urut 1. Begitu pula PDI-P ada nama Puan Maharani (1), putri ketua DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Untuk mengimbanginya, PDS memasang artis Tamara Geraldine di nomor urut 1, presenter dan artis sinetron. PPP pun memasang mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto di urutan pertama. PBR menempatkan aktivis Dita Indah Sari pada nomor 1. Partai Demokrat, memasang tokoh kasunanan Surakarta GRAy Koes Moertiyah atau Gusti Moeng. (Dicky Priyanto, Widodo P -77)

1 komentar:

Saifur Ashaqi mengatakan...

Berebut Kursi...